Tumpeng Terbaik di Jakarta

 

Tumpeng Terbaik di Jakarta – Tumpeng terbaik muncul dengan sekian banyak macam opsi paket menu. Nasi tumpeng tidak jarang disajikan guna keperluan-keperluan acara atau event syukuran maupun upacara adat keagamaan. Tidak melulu itu, di jaman canggih ini juga tidak sedikit yang memesan tumpeng guna acara-acara laksana pindahan rumah, hari jadi, eskalasi jabatan, ulang tahun dan masih tidak sedikit lagi. Kalau Anda hendak order tumpeng yang enak maka dapat pesan langsung di jasa catering Jakarta.

Asal usul dan sejarah nasi tumpeng di Indonesia
Di Indonesia, tradisi dalam merayakan sesuatu di Indonesia masih paling populer bahkan digemari. Banyak yang memesan nasi tumpeng terbaik di Jakarta yang terdiri dari nasi berbentuk kerucut yang disusun seperti gunungan lantas dikelilingi dengan lauk pauk. Pada jaman dahulu, kerucut ini sering dipakai pada sekian banyak upacara adat disebabkan tumpeng menyimbolkan arti tertentu.

Awal awal tumpeng sebagai persembahan guna gunung
Dahulu tumpeng digunakan oleh masyarakat adat Jawa dan sekitarnya tergolong Bali dan Madura sebagai persembahan untuk gunung-gunung. Hal ini guna tanda penghormatan untuk gunung-gunung yang diyakini sebagai tempat lokasi tinggal para leluhur. Adat semacam ini telah terjadi paling lama bahkan sebelum agama masuk ke tanah air.

Setelah tersebut barulah agama Hindhu masuk ke Indonesia dan urusan tersebut sedikit dominan kepada penciptaan dan perayaan tumpeng, contohnya evolusi pada format nasinya. Tumpeng sebenarnya baru disusun menjadi kerucut saat agama Hindhu masuk. Tumpeng sengaja diciptakan kerucut guna menyimbolkan gunung Mahameru yang dipercayai sebagai lokasi tinggal dewa dan dewi.

Kemudian sesudah agama Islam masuk ke nusantara, penciptaan nasi tumpeng mulai dicocokkan dengan kaidah dari doktrin Islam sampai sekarang. Sampai kini tumpeng itu masih dipakai untuk sekian banyak macam perayaan yang anda kenal laksana kenduri, syukuran, dan masih tidak sedikit lagi.

Makna lauk pauk dalam nasi tumpeng
Menu tumpeng terbaik di Jakarta yang enak seringkali dilengkapi dengan lauk pauk bermacam-macam. Tapi, pemilihan dari lauk pauk tersebut sendiri pun tidak dapat sembarangan karena seringkali dalam satu paket nasi tumpeng bakal dilengkapi dengan 7 buah lauk pauk. Mengapa mesti terdapat 7 jenis lauk pauk dalam sepaket nasi tumpeng?

Sebetulnya lauk pauk dalam nasi tumpeng pun mempunyai makna tersendiri. Dalam bahasa Jawa, angka tujuh dinamakan ‘pitu’ yang sering ditafsirkan sebagai pitulungan atau pertolongan. Kemudian jenis lauk pauk yang dipilih sendiri pun ada maknanya, contohnya laksana urap yang tercipta dari sayuran dengan parutan kelapa, yang berarti mengayomi dan memiliki pertimbangan sebelum memungut keputusan. Di samping itu, pun ada telur yang berarti kebersamaan.

Itulah tadi sejumlah poin urgen yang butuh Anda ketahui tentang asal usul dan sejarah dari tumpeng dan mengapa sampai sekarang tumpeng masih disukai di Indonesia. Pada jaman canggih ini, format tumpeng sudah merasakan perubahan dan tidak melulu kerucut, tapi pun susun maupun bentuk-bentuk menarik lainnya laksana karakter kartun. Sementara itu, lauk pauknya pun kadang tak mesti 7, tapi dapat ditambah cocok dengan selera yang memesan di jasa catering. Itulah sebabnya, kini tumpeng sesuai digunakan pada sekian banyak macam acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *