Trik Memelihara dan Membersihkan Sofa

Jasa cuci sofa besar dan berat lazimnya memerlukan tidak sedikit waktu guna membersihkannya. Apalagi untuk Anda yang tidak memiliki tidak sedikit waktu. Membawanya untuk dimurnikan ke laundry adalahcara pilihan yang mesti dilakukan. Tetapi, mencuci sofa di laundry tentu tidak cukup efektif.

Di samping memakan tidak sedikit waktu, Anda pun harus menunaikan mahal guna biayanya. Kini ada sejumlah trik gampang dalam mengasuh dan mencuci sofa. Yuk anda simak pembahasan yang dikutip dari Real Simple berikut!
Sebelum mencuci sofa, siapkanlah vacum cleaner, kain putih yang bersih, sabun cuci piring, sikat lembut, dan ember kecil.
Langkah kesatu
Bersihkan memakai vacum cleaner seluruh bagian jok dari sofa Anda. Mulai dari unsur atas hingga bagian bawah. Bila sofa Anda tercipta dari bahan yang halus laksana sutra dan linen, atur vacum cleaner dengan daya hisap rendah. Teknik mencuci dari kiri ke kanan sesuai dilakukan guna sofa berbahan suede, chenille, beludru dan kodorai. Kemudian vacum di unsur bawah sofa dan selama jahitan sofa.
Langkah kedua
Bila sofa Anda terpapar noda, tuangkan cairan pencuci piring di atas noda itu secukupnya. Gosok dengan lembut menggunakan kain supaya noda terangkat kemudian vacum. Ulangi proses itu bila dibutuhkan.
Untuk noda pada sofa yang berbahan vinyl, teknik membersihkannya agak berbeda. Caranya yakni semprotkan cairan pengkilap perabotan atau yang biasa dinamakan pledge. Gosok dengan lembut dengan menggunakan kain kering. Hindari memakai pembersih yang berisi silikon, karena dapat menutupi pori-pori kulit vinyl, yang mengakibatkan adanya keretakan.
Langkah terakhir
Terdapat sejumlah sofa yang dapat dicuci dengan air sabun. Perhatikan kode dari sofa Anda. Bila sofa itu mempunyai kode “W” dengan kata lain furnitur tersebut aman dibersihkan dengan memakai air.
Tetapi, bila sofa itu berkode S/W, dengan kata lain Anda bisa memakai gabungan pembersih kering dan air pada sofa. Cara membersihkannya, celupkan ujung sikat ke dalam air sabun. Hindari sofa kita menjadi basah kuyub. Setelah seluruhnya dibersihkan, keringkan sofa dengan kain bersih.

Trik Cepat… Cuma 15 Menit, Sofa Kembali Bersih!
Sofa di ruang tamu kita juga perlu perhatian. Jadi, tidak terdapat salahnya meluangkan waktu minimal sekali dalam sejumlah bulan untuk mencuci sofa di lokasi tinggal Anda.
Bagi kita yang sibuk, hal bersih-bersih ini tidak perlu buat khawatir. kita hanya perlu 15 menit untuk mencuci debu, noda, bahkan menciptakan sofa supaya kembali bersih dan wangi. Simak sebagai berikut caranya:
Langkah kesatu ini termasuk sangat mudah. Anda melulu perlu memakai penyedot debu. Caranya, kesatu-tama, pakai penyedot debu dengan “kepala” yang eksklusif diperuntukkan mencuci kain sofa. Vakum atau sedot debu di permukaan sofa dalam satu arah, contohnya dari kiri ke kanan, mulai dari unsur atas sofa sampai kakinya. Pastikan kita menyetel penyedot debu dalam kekuatan yang ringan, khusunya guna sofa berbahan linen (bahan seprai) atau sutra.
Ada baiknya kita meyakinkan bahwa situasi sofa dapat dibersihkan dengan alat-alat yang dipunyai dan terdapat dari jasa pembersihan. Jika tidak, maka proses pembersihan tidak bisa dilakukan.
Teknik menyedot debu satu arah dari kiri ke kanan ini paling penting, khususnya untuk bahan sofa laksana chenille (menyerupai kain permadani), beludru, dan korduroi. Seperti dilansir dalam Real Simple, bahan-bahan ini mudah unik dan “menyimpan” debu. Jangan lupa, sedot pun debu di bawah bantal, dan di sepanjang jahitan.
Cara kedua sebagai berikut bisa Anda kerjakan untuk mencuci noda di permukaan sofa, terutama sofa yang tercipta dari kain seprai, katun, kain jacquard, dan gabungan poliester-akrilik. Namun, bertolak belakang dengan teknik sebelumnya, sekarang Anda memerlukan produk pembersih. Gunakan bahan pencuci-kering karpet (dry cleaner) atau produk Capture Carpet guna menutupi noda. Kemudian, sikat dengan lembut bubuk pembersih itu dengan kain bersih. Terakhir, pakai penyedot debu untuk mencuci serpihannya.
Anda usahakan memakai produk bertolak belakang untuk mencuci kulit dan vinyl. Semprotkan Pledge pada kain bersih dan dengan lembut seka lokasi bernoda. Hindari cairan pembersih berisi silikon. Silikon dapat menutup pori-pori kulit dan vinyl. Permukaan sofa dapat kaku dan pecah-pecah.
Ketiga, kita pun dapat mencuci sofa dengan air sabun. Namun, simaklah terlebih dahulu sofa kita dengan seksama. Pastikan pada sofa atau pelapis itu tertera kode W atau s/w.
Untuk sofa yang dilapis kulit asli, sebab harganya yang paling mahal, butuh ditangani paling hati-hati. Cairan kimia yang dipakai berbeda, dan prosesnya juga tidak memakai air.
Kode “W” dengan kata lain furnitur kita aman dibersihkan menggunakan air. Sementara itu, kode “S/W” berarti Anda dapat menggunakan kombinasi pembersih kering dan air pada sofa.
Namun, andai sudah yakin, sekarang tiba waktunya mencuci sofa. Masukkan sikat lembut ke air sabun. Tidak butuh merendamnya, sebab Anda melulu perlu mengenakan sikat ke permukaan air sabun.
Kemudian, pakai sikat lembut guna menyikat sofa. Tahan, tidak boleh sampai sofa kita basah kuyup. Anda melulu perlu menyikat permukaan sofa dengan lembut. Setelah telah menutupi seluruh bagian soda, bersihkan dengan kain bersih yang lembab. Terahir, pastikan sofa kering sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *