Mau Ajak Pacar Kumpulan Nikah ke KUA? Siapkan Syarat-syarat Ini

 

Mendaftar pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) bukanlah urusan yang ribet. Siapkan persyaratannya agar tak butuh bolak-balik ketika mengurus pernikahan.

Sebelum mengarah ke KUA, pastikan telah mendapatkan surat penjelasan dari kelurahan cocok alamat di KTP setiap calon pengantin. Untuk menemukan itu, maka kantongi dahulu surat pendahuluan dari RT dan RW. Jangan tak sempat untuk membawa pula fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan fotokopi KTP orang tua ketika ke kantor kelurahan.

Setelah rampung hal di kelurahan, maka berkas ini yang didapatkan:

1. Surat penjelasan untuk nikah (N1)
2. Surat penjelasan asal-usul (N2)
3. Surat penjelasan tentang orang tua (N4)

Pengurusan di kantor kelurahan lazimnya cepat atau tak lebih dari sehari. Namun terkadang, ada kepandaian dari pemerintah provinsi sampai-sampai syarat di kantor kelurahan bertambah. Format surat penjelasan N1, N2, N4 yang dikeluarkan kantor kelurahan pun dapat berbeda-beda. Di samping itu, di sebanyak kantor kelurahan juga ada yang meminta surat penjelasan telah menemukan vaksinasi Tetanus Toksoid (TT).

Setelah menemukan N1, N2, dan N4, berarti telah siap mengarah ke KUA. Pergilah ke KUA bareng pasangan.

Ini kriteria yang mesti dibawa ketika ke KUA:

1. Berkas yang diperoleh dari kantor kelurahan
2. Surat pengakuan belum pernah menikah yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000
3. Surat pendahuluan dari RT dan RW
4. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) guna calon pengantin dan fotokopi KTP orang tua setiap calon mempelai
5. Pas potret calon pengantin berukuran 2×3 sejumlah 4 eksemplar dan 4×6 sejumlah 2 lembar. Umumnya tak disyaratkan soal warna latar belakangnya, namun tak terdapat salahnya mengekor seperti pada KTP.

Ada kriteria tambahan untuk yang berstatus janda/duda yaitu melampirkan akta cerai pribumi beserta duplikat putusan berita acara atau surat kematian (N6) dari kantor kelurahan setempat. Sementara tersebut untuk yang berusia tidak cukup dari 21 tahun maka mesti terdapat surat izin orang tua (N5).

Sampai di KUA, nantinya calon pengantin bakal ditanya soal hari dan tempat akad nikah. Jika hendak menikah di gedung KUA, maka acara ijab kabul dilaksanakan di hari kerja dan bebas biaya. Tetapi bila hendak akad di luar gedung KUA, maka dapat dilakukan di akhir pekan dan mesti menunaikan Rp 600.000 di bank yang sudah ditentukan.

Hal yang perlu disalin adalah, pastikan tempat akad nikah yang direncanakan masuk ke dalam distrik kecamatan yang sama dengan KUA. Jika berkeinginan menikah di gedung/tempat yang bertolak belakang wilayah, maka KUA di kecamatan cocok KTP akan menyerahkan surat pengantar.

Ketika tempat pernikahan sudah cocok dengan distrik KUA, selanjutnya ialah proses menemukan nama penghulu. Pertama-tama petugas KUA akan mengecek berkas yang dibawa.

Jika kriteria telah komplit, maka bakal data-data calon pengantin bakal diinput oleh petugas lain. Setelah itu diserahkan nomor guna membayar ongkos Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) andai akan mengerjakan ijab kabul di luar gedung KUA.

Petugas tersebut kemudian menunjukkan ke Kepala KUA untuk menyerahkan disposisi. Kepala KUA lalu menyimak berkas dan mengonfirmasikan ke calon pengantin.

Proses tersebut tak memakan masa-masa lama, Kepala KUA lantas langsung menyerahkan rekomendasi nama penghulu guna calon pengantin. Proses berikutnya yakni mendatangi penghulu itu dan berkenalan sampai mencocokkan jadwal ijab kabul.

Untuk diketahui, meregistrasi pernikahan ke KUA berlaku guna calon pengantin yang beragama Islam. Bagi calon pengantin beragama lainnya dapat mendaftar ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

“Jadi bila proses pencatatan dari mereka masuk (KUA) tersebut cuma 15 menit,” kata Kepala KUA Kecamatan Setiabudi, Madari, saat didatangi detikcom di kantornya, Selasa (13/2/2018).

Setelah seluruh syarat terpenuhi, maka bermukim melanjutkan proses di KUA. Anda telah siap menyuruh pacar ke KUA?

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Mame HP/whatsapp Simpati : +6282114441424

Proses Dokumen nikah Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau dapat menghubungi kami via :

Email: jangkargroups@gmail.com
Telegram : t.me/jangkargroups
Twitter:@fauzimanpower
FB: pt jangkar global groups
Instagram : jangkargroups
Google Playstore : jangkarapps
Google Plus : Akhmad Fauzi Manpower
Youtube : jangkar tv
Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *